Daya Ingat Otak dan Cara Meningkatkannya

daya ingat

Mempertajam Daya ingat

Ketika Anda baru saja mendengar nomor telepon seseorang disebutkan,  tetapi dalam beberapa detik Anda sudah tidak mampu mengingat sebagian atau seluruh nomor tersebut,  Mengapa?  Ada yang disebut memori sementara.  Memori ini terbatas kemampuannya menyimpan informasi untuk waktu yang sangat singkat di otak,  dalam hitungan milidetik atau paling tidak beberapa menit.  Inilah yang disebut memori jangka pendek.  Agar memori jangka pendek ini bisa permanen dan daya ingat semakin lama maka  dibutuhkan perhatian,  pengulangan,  dan asosiasi ide-ide dengan menggunakan metode-metode tertentu seperti teknik mengingat

Meski demikian,  melalui mekanisme yang masih belum diketahui,  tiba-tiba kita bisa mengingat suatu fakta yang telah dilupakan sekian lama:  misalnya Anda bertemu dengan teman lama yang Anda sudah lupa tiba-tiba muncul dalam ingatan, terkadang anda ingat wajahnya tapi lupa namanya. Dalam kasus seperti itu, informasi waja disimpan di memori jangka panjang (otak kanan)  yang lebih lama dan besar kapasitasnya. Proses penyimpanan informasi baru dalam memori jangka panjang disebut konsolidasi. Dan nama ( berupa kata-kata) disimpan dalam memori jangka pendek (otak kiri). Sehingga kita lebih mudah mengingat wajah ketimbang nama.

Jadi,  pengertian dan pemahaman akan bertambah baik jika kita menghubungkan antara otak kiri dan otak kanan karena akan terjadi ikatan yang sangat kuat antara keduanya.

Dengan menyadari bahwa otak semakin efisien jika lebih banyak digunakan,  dan dengan mengetahui bahwa efisiensi kerja otak akan bertambah jika kita secara sadar menggunakan otak kiri dan kanan bersamaan maka pengetahuan kita akan bertambah dengan pesat jika kita belajar dengan cara merangsang sel-sel otak untuk saling berhubungan sebanyak-banyaknya supaya Daya ingat kita semakin lama.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*