Profesional dan Profesionalisme kerja

profesional
pengertian profesi

Menjadi Profesional Yang Handal dan Diakui

Ada satu perbedaan utama antara orang yang sukses dan yang tidak sukses, Orang sukses mempunyai kebiasaan bekerja secara profesional dan disiplin . Disamping itu hanya orang – orang yang mempunyai profesionalisme yang tinggi lah yang mampu bersaing dan bertahan dalam dunia kerja.

Menurut Robert Ringer, kebiasaan ini dapat dipelajari siapa saja.  Jadi,  biasakan untuk merencanakan dan membuat prioritas kerja setiap pagi atau sebelum Anda tidur. Kategorikan setiap item dalam prioritas A , B atau C tergantung kepentingannya.  Tetapkan tujuan-tujuan untuk menyusun prioritas tersebut.  Untuk itu,  Anda harus tahu tujuan-tujuan Anda. Tulis tujuan-tujuan Anda dan buat rencana kerja serta nyelesaiannya. Beri batas waktu kapan tujuan-tujuan tersebut harus terwujud. Penetapan tujuan-tujuan tersebut dapat membantu Anda untuk lebih fokus pada masa depan.

Agar kita menjadi profesional maka kita juga dituntut untuk menjadi kreatif, Berikut adalah Cara Membangkitkan Kreatifitas Yang Terpendam

Langkah-langka menjadi profesional

  • Kenalila DIri Anda

Jarang sekali kita menemukan ada orang yang bisa melakukan semuanya, tapi setiap orang itu diberikan suatu kelebihan yang kelebihan itu berbeda-beda setiap orang nya, kelebihan adalah kemampuan yang lebih menonjol dari kemampuan anda yang lain. Maka langkah pertama menjadi seorang professional adalah Anda harus tahu apa  kelebihan anda. Fokus pada kelebihan anda jangan berfokus pada kekurangan  karena kekurangan bisa menghambat perkembangan anda.

  • Cintailah Bidang Anda

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kebanyakan orang yang profesional dan berhasil  adalah orang-orang yang mencintai pekerjaannya, Dan pekerjaan itu biasanya berawal dari apa yang menjadi minat dan hobinya.

  • Jadilah Ahli Dibidang Anda

Ahli itu tidak sekedar bisa, tapi benar-benar mahir dibidang anda yang menjadi kelebihan anda. Untuk menjadi ahli dibutuhkan banyak membaca, latihan, praktek, dan melakukan evaluasi secara periodik. Pelajari sebanyak mungkin bidang yang anda ingin kuasai dan belajarlah dari ahlinya. Contoh walaupun sama-sama dokter, tapi tentu akan berbeda antara dokter umum dengan dokter spesialis.

  • Berdisiplinlah dalam Manajemen Waktu

Setiap orang diberikan waktu yang sama 24 jam, maka hanya orang-orang yang bisa memanajemen waktu dengan baiklah yang akan menjadi profesional. Manajemen waktu yang baik bisa dilihat dari seberapa banyak yang anda hasilkan atau kerjakan dalam waktu yang relative singkat.

Berikut cara meperoleh informasi yang banyak dengan membaca dalam waktu yang singkat yaitu dengan Teknik Membaca Cepat (Speed reading )

  • Membangun Relasi yang Baik Pada Setiap Orang

Sebenarnya untuk menjadi profesional adalah bagaimana caranya membangun hubungan yang baik dengan banyak orang. Perbanyaklah membantu orang dengan bakat anda, dengan demikian mereka akan menemukan bahwa anda adalah orang baik, suka membantu dan berbakat. Dengan membantu orang, mereka akan cenderung ingin membantu anda dan merekomendasikan keahlian anda pada orang lain. Seperti itulah jika anda ingin mempunyai reputasi yang baik dan kuat.

Menjadi profesional adalah dambaan setiap orang, tetapi tidak setiap orang itu profesional

Be Sociable, Share!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*