Memori Internal Otak dan Daya Ingat

memori internal

Memahami dan Mengembangkan Memori Internal Otak

Memori internal bertugas menyimpan dan mengingat.  Memori internal terdiri atas kumpulan informasi di dalam otak dan berkaitan dengan kemampuan otak untuk menyaring semua fakta yang telah disimpan di dalamnya, dan dapat muncul dengan fakta tertentu atau sepotong informasi yang diperlukan pada saat tertentu.

Pada saat Anda tidak dapat mengingat sesuatu, bukan berarti fakta atau informasi yang diperlukan tersebut belum tersimpan di dalam otak.  Itu artinya bahwa hubungan sel otak yang mengatur sepotong informasi tersebut tidak disimpan dengan cara yang mudah sehingga proses mengingatnya lebih lama.  Atau mungkin juga karena ada hubungan yang terputus sehingga sulit atau tidak mungkin mengingat kembali pada suatu saat tertentu.

Pada pembicaraan/percakapan normal, otak merespons indra pendengaran, penglihatan,  dan mungkin juga indra pembau serta perasa.  Semua ini bekerja dengan seketika secara bergantian antara menyimpan dan mengingat potongan-potongan informasi,  mengecek data yang tersimpan untuk setiap kata yang diucapkan,  membuat perbandingan dengan input sebelumnya,  kemudian menghasilkan serangkaian mata rantai otak yang semuanya untuk memastikan bahwa percakapan berjalan lancar dan terjadi pertukaran pengertian.

Kecepatan proses tersebut diatas tingkat kesadaran normal manusia umumnya.  Anda bercakap-cakap dengan orang lain sepanjang hari dan setiap Anda melakukannya otak terus bekerja meskipun Anda tidak menyadarinya.  otak juga menyimpan semua yang sedang didiskusikan dan dipertukarkan.  Tidak ada satu pun yang luput dari perhatian otak.

Otak bekerja tidak hanya saat Anda sadar (tidak tidur), tetapi juga saat Anda sedang tidur.  Sebagian besar dari kita pasti tidak dapat mengingat lagi mimpi – mimpi kita,  tetapi otak dapat mengingatnya.  Dia merekam semua hal-hal sepele dari setiap mimpi,  kebanyakan secara tepat dan sangat mendetail.

Percobaan yang dilakukan dengan menghipnotis seseorang telah mengungkapkan fakta ini.  Ketika diminta untuk menggambarkan mimpi di bawah pengaruh hipnotis,  biasanya seseorang dapat menceritakannya kembali tanpa menemui kesulitan ,  Menggali ingatan dengan cara ini sering memberikan hasil yang mendetail dan sangat jelas,  Satu bukti bahwa kapasitas daya simpan otak itu sangat besar. Sedangkan masalah memori internal yang buruk pasti ada hubungannya dengan porsi kekuatan untuk mengingat , itulah penyebab kita susah dalam mengingat. Berikut adalah Teknik Mengingat yang efektif

 

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*