Nutrisi dan Vitamin Untuk Perkembangan Otak Anda

nutrisi
vitamin otak

Nutrisi Otak Anda.

Seperti halnya mesin mobil yang harus dirawat dan diperbaiki secara teratur agar berfungsi dengan baik,  otak manusia juga memerlukan nutrisi supaya dapat bekerja dengan baik.  Apa saja nutrisi yang paling dibutuhkan otak?  Berikut adalah hal hal yang perlu Anda cermati agar efektivitas otak Anda senantiasa terpelihara.

Oksigen atau Udara

Oksigen adalah kebutuhan utama otak.  Bayangkan kalau seseorang kehilangan pasokan oksigen dalam waktu tertentu,  misalnya karena tercekik atau keracunan gas.  Seketika jaringan sel otak akan rusak permanen.  Bahkan berakibat kematian.  Oksigen dan nutrisi dibawa oleh darah untuk menjaga otak bekerja secara optimal karena otak tidak mempunyai gudang penyimpanan oksigen dan gizi sebagai cadangan.  Cara bernapas yang benar adalah suatu keharusan untuk menjaga agar otak berada dalam kondisi yang optimal.  Misalnya seseorang ya habis berlari,  dengan napas terengah-engah ia tidak akan mampu berpikir dengan benar.  Karena itu,  oksigen sering dihubungkan dengan olahraga,  cara duduk yang benar,  dan situasi ruangan yang menyenangkan

Suplai Makanan Bergizi

Untuk menjaga agar otak senantiasa dalam kondisi optimal,  suplailah nutrisi yang bergizi ke otak harus selalu diperhatikan.  Selain air,  otak juga membutuhkan protein,  karbohidrat,  lemak,  vitamin,  dan mineral.  Setiap nutrisi ini memiliki peranan yg berbeda dan sangat penting bagi kesehatan otak anda.

Anda sebaiknya mengenal jenis nutrisi yang diperlukan dan manfaatnya untuk otak Anda,  serta makanan apa yang harus dihindari. 

  • Protein dibutuhkan untuk membentuk neurotransmitter (pembawa pesan)  di otak.  Sumber protein yang baik adalah daging,  telur,  susu,  ikan,  dsb.
  •  Karbohidrat berperan dalam menyuplai glukosa ke otak,  agar kadar gula darah senantiasa terjaga.  Sumber karbohidrat yang baik adalah buah-buahan,  sayur-sayuran,  padi-padian,  dsb.
  • Lemak berfungsi dalam pembentukan sistem saraf di otak untuk menjaga aktivitas mental.  Lemak berasal dari mentega,  keju,  daging,  kacang kacangan,  dsb.
  • Vitamin dan mineral,  terutama vitamin B kompleks sangat diperlukan untuk aktivitas kerja otak.  sayur-sayuran berwarna hijau dan buah-buahan sebagai penyuplai vitamin,  mineral,  dan antioksidan yang dibutuhkan oleh otak.
  • Air sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan otak.  Minumlah sedikitnya 8 gelas air putih sehari,  dan jangan tunggu sampai Anda kehausan.  Jangan lupa sarapan.  Hindari makanan berkadar gula tinggi(permen,  dsb.),  alkohol,  dan rokok Kurangi stres dan rajin berolahraga secara teratur.

Berikut adalah Aplikasi Kinerja Otak dalam Pembelajaran

Be Sociable, Share!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*